Lulus SMA/SMK, Kuliah Atau Kerja Ya?

 

Lulus SMA/SMK, Kuliah Atau Kerja Ya?

Hingga saat ini kuliah masih jadi pilihan paling umum dilakukan banyak orang selepas menyelesaikan pendidikan SMA /SMK. Coba deh kamu tanya pada teman-teman sekelas, bisa dipastikan lebih dari 90% menjawab ingin langsung lanjut kuliah. Mulai dari kuliah di PTN bonafide, PTS, sekolah tinggi, politeknik, hingga akademi. Intinya satu: bisa punya ijazah selain ijazah SMA/SMK.

Kalau tidak kuliah, Bekerja bisa jadi opsi apa yang dilakukan setelah lulus SMA/SMK, tetapi jenis pekerjaannya terbatas. Rata-rata bergerak di sektor swasta dengan jenis pekerjaan bersifat administrasi, klerikal, atau banyak mengandalkan tenaga fisik. Contoh, helper atau office boy, pelayan, buruh atau operator pabrik, customer service, penjaga toko, cleaning service, dan bagian administrasi.

Dalam suatu survey ringan yang dilakukan oleh Politeknik Bhkati Kartini, dimana hasilnya Bekerja Sambil Kuliah sekitar 43,8%, Kerja 31,3%, Kuliah, 20,8% & sisanya yang belum menentukan.

Menjawab kerisauan diatas, Politeknik Bhakti Kartini mengunjungi beberapa sekolah untuk memberikan semacam pilihan dalam menentukan keputusan setelah lulus nanti. Kuliah atau kerja atau kerja sambil kuliah?

Team Politeknik Bhakti Kartini, bagian dari pengabdian kepada Masyarakat melakukan kunjungan Siraturahmi ke beberapa Sekolah , baik sekolah menengah atas ( SMA ) maupun Sekolah menengah kejuruan. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi awal kepada Para Guru dan anak didik, agar mendapat informasi terbaik  untuk dapat menentukan pilihan , Kuliah atau kerja atau kerja sambil kuliah?

Politeknik Bhakti Kartini ( BiPi Polytechnic ) juga memberikan hal – hal terkait pelatihan – pelatihan untuk menunjang kemampuan invidual apabila kelak berbaur dalam masyarakat kerja, industi maupun komunitas Masyarakat pada umumnya seperi Mini Training terkait Narkolema, Leadrship & Neuroleadership serta belajar cara membuat aplikasi, konten dengan menggunakan Photoshop   untuk Siswa – Siswi SMA Maupun SMK , Public Speaking untuk Guru dan para Staf Sekolahan.

Sekolah – sekolah yang dikunjungi Politeknik Bhakti Kartini ( Bipi Polytechnic ) antara lain SMK/SMA Al Muhajirin, SMK/SMA Widya Nusantara, SMK Al Muhtadin , SMA Teratai Putih dan Sekolah – sekolah lainnya.

Acara tersebut berlangsung baik & ramah baik guru maupun para pelajar yang akan lulus dalam tahun 2022 ini. Semoga acara ini ,  baik Politeknik Bhakti Kartini ( BiPi Polytechnic ) maupun pihak sekolah kejuruan & menengah atas, mendapatkan manfaat dalam siraturahmi ini.

Reported by Apt.Firmansyah,S.Si