Tak usah Galau Gagal SBMPTN. Inilah Alternatif Lembaga Perguruan Tinggi yang Bisa Kamu pilih!

Sumber : freepik.com

Lembaga  Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mengumumkan hasil SBMPTN 2021 pada Senin, 14 Juni 2021, pukul 15 : 00 WIB.  Dilansir dari liputan6.com ada 184.942 peserta atau 23,78 persen dari 777.858 peserta yang mendaftar. Meski pada saat ini kamu belum lulus, hal itu bukanlah akhir dari segalanya. Calon Mahasiswa dapat memilih alternatif lain untuk melanjutkan studinya sesuai dengan minat yang diinginkan. Masih banyak perguruan tinggi yang menawarkan jenjang studi yang bisa menjadi alternatif kamu untuk melanjutkan studi.  Nah, sebelum kamu menentukan pilihan, akan lebih baik jika kamu mengenalinya terlebih dahulu jenis-jenis lembaga perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Mengenali lebih dalam perbedaannya tentu penting sangat berguna supaya tidak ada penyesalan salah pilihan atau bahkan salah kampus. Di Indonesia sendiri telah tersedia beberapa lembaga perguruan tinggi seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi.Eits, sebelum kamu menentukan pilihan dari semuanya, ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang membedakan antara universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi.

  • Universitas

Universitas merupakan perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai macam fakultas yang mencakup bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni. Dibandingkan perguruan tinggi lainnya, universitas menyediakan pilihan jurusan yang lebih banyak jenisnya. Selain itu, dalam universitas juga terdapat pendidikan vokasi dan akademik. Bahkan di beberapa universitas yang memenuhi syarat juga terdapat pendidikan profesi seperti di bidang kedokteran, hukum, dan farmasi.

  • Institut

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi pada rumpun bidang tertentu. Misalnya Institut Pertanian Bogor, fakultas-fakultas di dalamnya hanya terdiri dari berbagai bidang pertanian dan yang terkait dengannya. Institut Teknologi Bandung hanya terbatas pada bidang teknik dan teknologi. Institut Kesenian Jakarta terdiri atas berbagai jurusan kesenian. Seperti universitas, jika memenuhi syarat institut juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sedangkan perbedaannya dari universitas adalah pilihan jurusan dalam institut lebih terbatas namun lebih spesifik.

  • Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi ialah perguruan tinggi yang hanya terdiri atas satu jenis ilmu pengetahuan, teknologi, ataupun seni. Pendidikan di dalamnya dapat berupa vokasi maupun akademik. Berbeda dari institut, bidang kajian dalam sekolah tinggi lebih spesifik. Contohnya antara lain: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, dan Sekolah Tinggi Pariwisata.

  • Politeknik

Lain hal nya dari universitas, institut, dan sekolah tinggi,  dalam politeknik hanya terdapat pendidikan vokasi. Meski memiliki beberapa bidang yang beraneka ragam (ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni), lembaga perguruan tinggi ini menghasilkan lulusannya hanya mencapai gelar D1, D2, D3 ataupun D4. Politeknik lebih mempersiapkan lulusannya untuk memiliki kemampuan untuk mempraktikan bidang yang telah dipelajarinya. Contohnya Politeknik Bhakti Kartini (BiPi),  Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Bali. 

  • Akademi

Sama seperti politeknik, akademi juga hanya memiliki pendidikan vokasi. Perbedannya, cakupan bidang pendidikan dalam akademi lebih spesifik. Jadi hanya ada satu cabang ilmu yang diselenggarakan dalam akademi. Pendidikan tersebut dapat berupa ilmu pengetahuan, seni, ataupun teknologi. Contoh akademi adalah Akademi Kebidanan, Akademi Kepolisian, dan Akademi Keperawatan. Akademi juga dapat terselenggara berdasarkan kebutuhan suatu wilayah akan bidang ilmu tertentu. Misalnya, Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta yang memenuhi kebutuhan ilmu pengolahan kulit di Yogyakarta.

Saat ini sudah banyak tersebar lembaga perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan Vokasi yang memfasilitasi mahasiswa dalam mendalami ilmu tertentu, khususnya Manajemen Logistik, Farmasi, Administrasi Rumah Sakit, hingga Teknologi Rekayasa Multimedia. Politeknik Bhakti Kartini (BiPi) menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan jurusan  D3 Farmasi, D3 Manajemen Logistik, D3 Administrasi Rumah Sakit, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia. Dengan 2Jt sekarang kamu udah bisa bergabung di Politeknik Bhakti Kartini (BiPi)!  Untuk info pendaftaran langsung  klik link  https://pmb.poltekbhani.ac.id atau bisa mengunjungi websitenya di https://www.poltekbhani.ac.id .Kamu bisa juga follow Instagram @poltekbhani untuk informasi terbaru mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru.

So, udah menentukan mau masuk kuliah kemana? Semoga pilihanmu adalah yang terbaik ya!

 

Sumber : https://www.kalderanews.com/2020/08/inilah-perbedaan-universitas-institut-sekolah-tinggi-politeknik-dan-akademi/

LTMPT: 184.942 Peserta Lolos SBMPTN 2021 – News Liputan6.com