KURIKULUM D-4 Teknologi Rekayasa Multimedia

 STRUKTUR PROGRAM KURIKULUM INTI PENDIDIKAN D-IV TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA

 

No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Pendidikan Agama 2   2
    Bahasa Indonesia 2   2
    Pengantar Multimedia 2   2
    Konsep Multimedia 3   3
    Algoritma dan Pemograman 1 3 4
    Organisasi Komputer 2 1 3
    Matematika Diskrit 2 1 3
    Logika Matematika 2 1 3
    Sistem Operasi 3   3
    Struktur Data 1 2 3
    Basis Data 2 1 3
    Pemograman Berorientasi Objek 1 2 3
    Statistik dan Probabilitas 1 2 3
    Pancasila dan Kewarganegaraan 2   2
    Bahasa Inggris 1 1 1 2
    Analisis dan Perancangan Sistem Multimedia 2 1 3
    Grafika dan Citra Komputer 1 2 3
    Perangkat Keras dan Jaringan Komputer 1 2 3
    Naskah Produksi 1 2 3
    Fotografi 1 2 3
    Teknologi Multimedia 3   3
    Pemograman Berbasis Web 1 2 3
    Rekayasa Perangkat Lunak 2 1 3
    Interaksi Manusia dan Komputer 2 1 3
    Videografi 1 2 3
    Bahasa Inggris 2 1 1 2
    Animasi 1 2 3
    Machine Learning 1 3 4
    Sistem Penyuntingan 1 3 4
    Broadcasting 1 3 4
    Pemograman Game 1 3 4
    User Interaction Design 2 1 3
    Manajemen Proyek Multimedia 2 1 3
    Technoprenursip 2   2
    Kerja Praktek   3 3
    Data Warehouse / Big Data 3   3
    Komputasi Awan 2 1 3
    Metodologi Penelitian 1 2 3
    Pengujian Perangkat Lunak 2 1 3
    Pemograman Perangkat Bergerak 1 3 4
    Kecerdasan Buatan 2 1 3
    Profesionalisme Dan Etika Kerja 2   2
    Project Multimedia   8 8
    Magang   6 6
    Tugas Akhir   6 6
    Jumlah 67 77 144

 

 

SEBARAN MATA KULIAH TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA BERDASARKAN KOMPETENSI

 

No Kode Mata Kuliah Kompetensi SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Pengantar Multimedia 2   2
    Konsep Multimedia 3   3
    Analisis dan Perancangan Sistem Multimedia 2 1 3
    Teknologi Multimedia 3   3
    Manajemen Proyek Multimedia 2 1 3
    Organisasi Komputer 2 1 3
    Matematika Diskrit 2 1 3
    Logika Matematika 2 1 3
    Sistem Operasi 3   3
    Struktur Data 1 2 3
    Basis Data 2 1 3
    Algoritma dan Pemograman 1 3 4
    Pemograman Berorientasi Objek 1 2 3
    Pemograman Berbasis Web 1 2 3
    Pemograman Perangkat Bergerak 1 3 4
    Perangkat Keras dan Jaringan Komputer 1 2 3
    Rekayasa Perangkat Lunak 2 1 3
    Interaksi Manusia dan Komputer 2 1 3
    Pengujian Perangkat Lunak 2 1 3
    Kecerdasan Buatan 2 1 3
    Metodologi Penelitian 1 2 3
    Kerja Praktek   3 3
    Project Multimedia   8 8
    Magang   6 6
    Tugas Akhir   6 6
    Jumlah 38 49 87

 

No Kode Mata Kuliah Data Science SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Statistik dan Probabilitas 1 2 3
    Data Warehouse / Big Data 1 2 3
    Machine Learning 1 3 4
    Komputasi Awan 2 1 3
    Jumlah 5 8 13

 

No Kode Mata Kuliah Broadcasting SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Naskah Produksi 1 2 3
    Fotografi 1 2 3
    Videografi 1 2 3
    Sistem Penyuntingan 1 3 4
    Broadcasting 1 3 4
    Jumlah 5 12 17

 

No Kode Mata Kuliah Desain Visual/Grafis SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Grafika dan Citra Komputer 1 2 3
    Animasi 1 2 3
    Pemograman Game 1 3 4
    User Interaction Design 2 1 3
    Jumlah 5 8 13

 

No Kode Mata Kuliah Umum SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Pendidikan Agama 2   2
    Bahasa Indonesia 2   2
    Pancasila dan Kewarganegaraan 2   2
    Bahasa Inggris 1 1 1 2
    Bahasa Inggris 2 1 1 2
    Technoprenursip 2   2
    Profesionalisme Dan Etika Kerja 2   2
    Jumlah 12 2 14

 

 

SEBARAN MATA KULIAH TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA PER SEMESTER

 

Semester 1
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Pendidikan Agama 2   2
    Bahasa Indonesia 2   2
    Pengantar Multimedia 2   2
    Konsep Multimedia 3   3
    Algoritma dan Pemograman 1 3 4
    Organisasi Komputer 2 1 3
    Matematika Diskrit 2 1 3
    Total 14 5 19
Semester 2
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Logika Matematika 2 1 3
    Sistem Operasi 3   3
    Struktur Data 1 2 3
    Basis Data 2 1 3
    Pemograman Berorientasi Objek 1 2 3
    Statistik dan Probabilitas 1 2 3
    Pancasila dan Kewarganegaraan 2   2
    Total 12 8 20
Semester 3
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Bahasa Inggris 1 1 1 2
    Analisis dan Perancangan Sistem Multimedia 2 1 3
    Grafika dan Citra Komputer 1 2 3
    Perangkat Keras dan Jaringan Komputer 1 2 3
    Naskah Produksi 1 2 3
    Fotografi 1 2 3
    Data Warehouse / Big Data 3   3
    Total 10 10 20
Semester 4          
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Pemograman Berbasis Web 1 2 3
    Rekayasa Perangkat Lunak 2 1 3
    Interaksi Manusia dan Komputer 2 1 3
    Videografi 1 2 3
    Bahasa Inggris 2 1 1 2
    Animasi 1 2 3
    Machine Learning 1 3 4
    Total 9 12 21
Semester 5
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Sistem Penyuntingan 1 3 4
    Broadcasting 1 3 4
    Pemograman Game 1 3 4
    User Interaction Design 2 1 3
    Manajemen Proyek Multimedia 2 1 3
    Technoprenursip 2   2
    Kerja Praktek   3 3
    Total 9 14 23
Semester 6
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Teknologi Multimedia 3   3
    Komputasi Awan 2 1 3
    Metodologi Penelitian 1 2 3
    Pengujian Perangkat Lunak 2 1 3
    Pemograman Perangkat Bergerak 1 3 4
    Kecerdasan Buatan 2 1 3
    Profesionalisme Dan Etika Kerja 2   2
    Jumlah 13 8 21
Semester 7
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Project Multimedia   8 8
    Magang   6 6
    Total 0 14 14
Semester 8
No Kode Mata Kuliah SKS Jumlah
Teori Praktek  
    Tugas Akhir   6 6
    Total 0 6 6