Dalam Rangka MILAD 29 Th Islamic Center Bersama ICMI Orda Kota Bekasi Menggelar DISKUSI PUBLIK Bertemakan “Kontribusi KH.Noer Alie dalam Membangun Bangsa yang Majemuk”

Islamic Centre Bekasi merupakan salah satu Islamic Centre pertama di Indonesia, diresmikan pendiriannya pada tanggal 15 Agustus 1993 silam. Keberadaanya memberikan peran strategis terhadap eksistensi keislaman, integritas bangsa, mengayomi keberagaman serta kemaslahatan umat Islam di Bekasi, pada umumnya di Indonesia. Hal ini tidak lain karena peran dari tokoh pahlawan nasional yaitu KH Noer Alie.

Sepak terjang KH.Noer Alie dikancah perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta mengisi ruang-ruang pemikiran yang visioner diluar masa jamannya, sudah tidak diragukan lagi, terutama dalam hal pemikiran integritas bangsa, mengayomi keragaman, serta kemaslahatan umat, sehingga beliau dikenal dengan ulama pemersatu. Setidaknya ada dua buku yang cukup terkenal di masyarakat tentang eksistensi beliau, yaitu buku KH. Noer Alie ulama pejuang karya Ali Anwar Shomad dan buku Singa Karawang Bekasi karya Muhtadi Muntaha.

Politeknik Bhakti Kartini secara aktif ikut berperan serta Pada milad Islamic Centre Bekasi yang ke 29  yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 16 Agustus 2022 bertempat di Aula KH.Noer Alie ISLAMIC CENTRE BEKASI, memontum yang tepat untuk melakukan refleksi terhadap beberapa pemikiran KH Noer Alie yang perlu diketahui secara luas di masyarakat. Setidaknya ada beberapa Issue yang ada ditengah-tengah masyarakat saat ini, yakni (1). Islamophobia (2) pluralisme dan (3) disintegrasi bangsa, tentunya hal ini perlu dilakukan pembahasan yang mendalam guna mendapatkan pemahaman yang tepat di tengah-tengah masyarakat lalu di refleksikan sebagai buah pemikiran KH.Noer Alie.

Dengan menghadirkan para tokoh nasional sebagai narasumber dalam diskusi publik dengan tema; “kontribusi KH.Noer Alie dalam membangun bangsa yang majemuk” insya Allah akan menjadi salah satu kontribusi wahana pemikiran yang tepat kepada lapisan masyarakat, khususnya masyarakat umat Islam. Dihasilkan dalam diskusi ini akan dilakukan kajian lebih lanjut untuk memperkenalkan sejarah asli bekasi dan seluruh atribut kebudayaan bekasi pada kurikulum pendidikan di seluruh lapisan pendidikan di Kota Bekasi yang akan dikomandoi oleh ICMI Orda Kota Bekasi berkolaborasi dengan dinas terkait dilingkungan pemerintahan Kota Bekasi.

Narasumber diantaranya:

  • Prof. H. Muhammad Amien Rais, M.A., Ph.D.
  • Ir. H. AA Lanyalla Mahmud Mattalitti
  • Prof. Dr. Arif Satria
  • Babe Ridwan Saidi
  • Prof. Dr. Ahmad Mansur Suryanegara
  • Dr. KH. Abid Marzuki