INGIN hubungan personal YANG baik meminimalkan konflik ! oleh Apt.Firmansyah,S.Si.

Dalam hubungan personal baik meminimalkan konflik, memahami cara berkomunikasi yang tepat, menghindari cara berkomunikasi yang tidak sesuai dengan karakteristik pasangan dan keluarga ada baiknya anda ikut Test HBTS  ( HUMAN BRAIN THINKING STYLE ).

 

Apakah test HBTS itu ?

Test HBTS (Human Brain Thinking Style) adalah test analisis otak dan kepribadian. Test ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran pola berpikir otak manusia, dimana hasil analisanya dapat menggambarkan pola dominasi cara berpikir manusia pada saat masih remaja / anak-anak dan pola dominasi berpikir saat ini (dewasa). Test ini mengevaluasi kelemahan dan kelebihan paling dominan otak manusia.

Dari test ini juga memberikan hasil INDP (Individual Neurology Dominant Profile) yaitu cara seorang individu dalam menerima dan mengolah informasi melalui kecenderungan penggunaan organ tubuh mulai dari mata, telinga, dan alat gerak (tangan& kaki) serta kaitannya dengan dominansi otak.

Test ini dikembangkan dengan memadukan teori-teori para ahli psikologi, neurologi dan spikiatri yaitu :

  1. Carl Gustav Jung ; tentang teori psikologi analisis
  2. Karl Pribam ; tentang penelitian 4 bagian otak manusia
  3. Hans Eyszenk ; penelitian tentang ekstrovert & introvert serta hubungannya dengan karakteristik otak.
  4. Richard Haier ; tentang teori yang memanfaatkan intelegensi otak yang dipengaruhi oleh aliran & hambatan arus listrik di area otak.
  5. Katherine Benziger ; yang menggabungkan semua teori tersebut di atas tentang teori pengaruh pola pikir otak manusia terhadap karakteristik dan cara kerja otak yang menjadi dasar test HBTS.

Dalam HBTS otak manusia dibagi dalam 4 bagian otak yaitu :

  1. Otak Kiri Depan
  2. Otak Kanan Depan
  3. Otak Kiri Belakang
  4. Otak Kanan Belakang

Dimana masing-masing bagian otak tersebut mempunyai karakteristik berbeda-beda.

Mengapa Test HBTS itu begitu penting ?

Melalui Test HBTS kita mampu mengetahui bagian otak mana yang lebih dominan, sehingga kita bisa mengembangkan otak dengan cara yang tepat. Pengembangan otak yang tidak tepat dapat menyebabkan FALSIFIKASI, yang berakibat pada stress, mudah lelah, rentan sakit, hasil kerja tidak optimal, tidak pernah puas & terjadi masalah dalam komunikasi.

Dengan demikian kita mampu membawa diri sendiri dalam kehidupan hubungan personal, structural dan sosial yang lebih berkualitas.

Apa Manfaat HBTS dalam kehidupan sehari-hari ?

  1. Dalam hubungan personal ; meminimalkan konflik, memahami cara berkomunikasi yang tepat, menghindari cara berkomunikasi yang tidak sesuai dengan karakteristik pasangan dan keluarga.
  2. Dalam hubungan strukutural / dunia kerja ; dapat menjadi rekomendasi untuk mencari pekerjaan yang sesuai otak dominan, memaksimalkan produktifitas kerja, menghindari pemberian tugas kepada karyawan yang tidak tepat & menghindari konflik atasan – bawahan.
  3. Dalam dunia pendidikan ; hasil test HBTS dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru untuk memahami dan membimbing siswa, mencari solusi yang tepat terhadap siswa bermasalah dan kurang di bidang akademiik, serta dapat menjadi rekomendasi bagi guru dan orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan pola dominansi otak anak (pola pendidikan dan pola pengasuhan yang tepat).

Bagaimana test HBTS dilakukan ?

Test HBTS dilakukan dengan mengajukan serangkaian pertanyaan-pertanyaan kepada peserta test dengan menggunakan perangkat mobile dan memanfaatkan system teknologi terkini, sehingga hasilnya dapat diketahui dengan cepat pada saat test berakhir. Waktu yang dibutuhkan untuk test HBTS adalah sekitar 20 menit per sesi.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, akurasi dan kecepatan hasil analisis dapat langsung diterima oleh peserta test dan certified counselor kami dapat langsung memberikan konsultasi dan arahannya terhadap hasil analisis HBTS. Inilah yang membedakan test HBTS dangan test-test sejenisnya yang telah ada terlebih dahulu, dimana waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil analisis memerlukan waktu berhari-hari.

Rangkaian test HBTS secara garis besar diakukan sbb :

  1. Untuk peserta dewasa :
    1. Test HBTS sesi remaja / anak-anak.
    2. Test HBTS sesi dewasa
    3. Konsultasi oleh certified counselor (bisa bersama-sama atau sendiri-sendiri sesuai kebutuhan)

 

  1. Untuk peserta anak2 (siswa SD kelas V & VI, SMP kelas VII-IX dan SMA kelas X-XII) :
    1. Test HBTS anak-anak / remaja
    2. Konsultasi oleh certified counselor (bisa bersama-sama atau sendiri-sendiri sesuai kebutuhan)

Siapa yang perlu mengikuti Test HBTS ini ?

Test HBTS baik sekali diikuti oleh :

  1. Siswa-siswi SD (minimal kelas 5), SMP & SMA ; untuk mengetahui minat dan bakat serta membantu memilih jurusan sekolah yang tepat.
  2. Calon mahasiswa : digunakan sebagai salah satu test seleksi penerimaan mahasiswa baru & untuk mempermudah bimbingan dan koseling bagi para dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswanya agar berprestasi dengan memuaskan.
  3. Mahasiswa tingkat akhir dan calon sarjana baru : untuk membantu mengarahkan pencarian lapangan pekerjan yang sesuai.
  4. Para Orang tua (pasangan ayah & ibu) : untuk membantu proses pendidikan & pengasuhan putra-putrinya agar lebih berprestasi (parenting) serta mengarahkan perbaikan kualitas komunikasi pasangan dalam rumah tangga.
  5. Karyawan (instansi pemerintah & swasta) ; diperlukan oleh HRD sebagai data based inventory karyawan, yang merupakan dasar untuk menentukan penempatan karyawan dan sebagai bagian dari pertimbangan dalam melakukan mutasi & promosi.
  6. Guru-guru BP/BK di sekolah-sekolah : agar dapat melakukan test HBTS bagi anak didiknya dan memudahkan menangani permasalahan-permasalahan siswa dengan pendekatan psikologis yang ilmiah & akurat.
  7. Para Psikolog dan aktivis Parenting : diperlukan agar dapat memberikan masukan dan advise bagi kliennya dengan akurat dan ilmiah, serta dapat meningkatkan nilai tambah yang signifikan bagi profesi psikolog & aktivis parenting.
  8. Siapapun yang mempunyai masalah dalam pekerjaan, komunikasi dalam pekerjaan & rumah tangga maupun dalam pergaulan sosial.

 

Seperti apa hasil test yang diterima oleh peserta test ?

Peserta test atau pihak-pihak yang berkepentingan dengan hasil test tersebut dapat menerima hasil analisa test secara lengkap melalui dua bentuk yaitu dalam bentuk softcopy yang akan dikirimkan melalui email dan bentuk hardcopy yang dicetak secara khusus untuk masing-masing peserta.

Dimana Test HBTS bisa dilakukan ?

Test HBTS dapat dilakukan dimana pun, bisa di tempat kami yaitu di Kampus Politeknik Bhakti Kartini atau di tempat anda bekerja / inhouse (khusus untuk rombongan minimal 20 orang).

Kapan Test HBTS sebaiknya dilakukan ?

Test HBTS sebaiknya dilakukan segera sejak anda membaca informasi ini, artinya dapat dilakukan sejak sekarang, karena besok atau lusa mungkin sudah timbul masalah dan akan memerlukan energy dan biaya yang lebih besar untuk mengatasinya.

 

 

Kemana harus mengubungi jika berminat akan melakukan Test HBTS ?

Kantor MEDIA EDUKASI

d/a. Gedung POLITEKNIK BHAKTI KARTINI Lt. 2

  1. CARINGIN NO.8 JEMBATAN 14 RAWALUMBU – KOTA BEKASI

TELPON : 021 8262 2907

Contact person : DYAH (0812 9858 114)

 

Test HBTS bukan hanya test intelegensi & psikologi yang sederhana, tetapi tetapi test ini meneliti tentang kemampuan otak & terapi pemakaian energy dalam otak.

 

Dipersembahkan oleh :